Friday, August 23, 2013

Perahu Pendidikanku Akhirnya Berlabuh

jeng jeng setelah sekian lama aku berlayar disamudra kehidupan yang luas, mengambang tersesat tanpa arah dan tujuan. Akhirnya aku menemukan sebuah pulau untuk berlabuh.... yang dimana pulau tersebut akan ku tempati untuk beberapa lama sampai aku mendapatkan sesuatu yang berharga dan melanjutkan pelayaranku menuju samudra kehidupan yang sebenarnya, yang keras dan kejam.. ceilah drama amat ya.. halo teman-teman rasanya sudah lama sekali saya tidak posting semenjak galau karena baru lulus dan bingun entah mau dilanjut kemana pendidikan ku ini.
Awal mula cerita kegalauan gw bisa dibaca disini

Seleksi pertama yang gw ikutin adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri) pada seleksi tersebut gue milih 3 universitas sekaligus dan setiap Universitas berbeda bea jurusan yaitu: pilihan pertama jatuh ke STEI Institut Teknologi Bandung, yang Kedua Pendidikan Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia... lalu  aku nunggu keputusan dengan harap harap cemas bisa masuk ke salah satu dari universitas yang gue pilih, kadang gue yakin bisa masuk tapi terkadang juga gue ga yakin bisa masuk, dan sialnya kondisi itupun terjadi pas gue lagi boker.... kadang tai nya gampang keluar tapi langsung masuk lagi :v

Dan ketika waktu pengumuman hasil seleksi SNMPTN tiba, gue udah deg deg an berat hampir sekitar 7 richter lah sampe sampe keteguhan hatiku berguncang dengan hebatnya hingga membuat ku sesak nafas di sertai kejang kejang dan dilanjut dengan keluar bui dari mulut gue (lebay) lalu tiba tiba semuanya perasaan itu menghilang, sirna, dan musnah seketika itu juga ketika melihat hasil pengumuman yang tulisan awalnya

Maaf
Maaf
Maaf
Maaf
MAAF
.
.
.
.

Yang pertama kali gue pikirin ketika baca tulisan tersebut adalah "iya gpp gua maafin ko" :v gue langsung tutup tu halaman dan gamau baca kelanjutan kalimatnya, buat apa jga yang ada ntar malah nyesek lagi -_- setelah pengumuman itu gue ga nyerah dan terus mengikuti seleksi lainnya

Seleksi Kedua yang gua ikutin adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri) pada seleksi ini sistimnya berbeda dengan SNMPTN, jika SNMPTN proses seleksinya berdasarkan nilai rapot dan rekomendasi sekolah (kalau kata orang dulu di sebutnya JALUR UNDANGAN) nah lain lagi dengan SBMPTN, kalo SBMPTN proses seleksinya secara verbal atau tes tulis (kecuali jurusan tertentu seperti Olahraga atau pun jurusan seni suka ada tes tambahan selain tes tulis)

Karena pada seleksi kali ini lebih ketat dan siswa yang akan diterima pun kuotanya lebih sedikit dari seleksi sebelumnya, tentu saja gue secara otomatis belajar lebih giat dari sebelumnya. Gue bela belain benerin printer, terus beli Cartridge baru, trus gue nyari nyari kesana kemari contoh soal mulai dari IPA, IPS sama TPA (padahal cuma duduk di depan komputer trus buka google). Lalu gue print tuh setiap pelajaran yang udah gue cari. nah ini sebagian kecil dari hasil pencarian gw selama merantau di internet



Setelah gue kumpulin (lebih dari yang diatas) akhirnya gue Printout TIGA dari sekian banyak File yang gua udah kumpulin wkwkwkwkwk, kalo di pikir pikir ngapain juga ya cape cape download banyak banyak haha dasar emang gue goblok kali ya

Setelah gue printout ke tiga pelajaran tersebut, langsung gue pelajari tuh semua soal, sampe sampe setiap hari gue bisa isi SATU soal perhari hahaha emang bener bener goblok lu mal...

Hari itu pun tiba, hari dimana gue selalu akward moment karena di hari itulah aku memulai test SBMPTN dan celingak celinguk sendirian karena dari sekian banyak siswa yang test sama sekali gada yang gue kenal satupun, cius gue ga ada temen sama sekali pas mengikuti test itu, ketika istirahat pun gue cuma diem di kelas sambil buka buka soal yang gw kumpulin sebelumnya

Tapi yang lebih parah, mengejutkan, mengangkan, menakutkan, dan mengcengankan dari itu semua adalah ketika pertama kali buka soal SBMPTN, soalnya apa? Gila Ndro soalnya 3x lebih sulit dari soal UN


Belum lagi dari sekian banyak latihan soal yang gue kerjakan gada yang muncul satupun pas test SBMPTN, ditambah lagi gue kan lulusan SMK, mana nyambung sama pelajaran SMA soalnya kan pada test SBMPTN semua kurikulumnya sesuai dengan kurikulum SMA..., aduh apes dah

Gue bingung banget tuh, soalnya apa? masih mending UN kalo ada soal yang salah gakan di hitung, Berbeda banget sama SBMPTN soalnya aklo SBMPTN setiap soalnya yang bener dinilai 4 tapi kalo ada soal yang salah nilainya -1 dan jika tak menjawab nilainya 0... otomatis gabisa asal jawab dong... jadi gue bingung, biasanya kalo ga bisa jawab gue suka asal jawab.. siapa tau aja bener hahaha.... aduh

Ya sudah apa mau dikata.. gada waktu lagi buat menyesal.. sekarang yang bisa gua lakuin adalah mengerjakan soal yang gue bisa aja,, kau tau berapa soal yang bisa ku kerjakan? (pelajaran IPA ga sampe setengahnya :v)

Setelah selesai mengikuti semua test, sama sama seperti sebelumnya gue nunggu pengumuman dengan harap hap cemas, setiap hari terasa sangat lama bagaikan menunggu 24 jam (go home you're drunk)

Pada hari pengumuman sebernya gue ga lagi di rumah, gue lagi mengikuti pelatihan Blackberry di ITB. Entah mengapa jaringan internet disana gabisa mengakses situs SBMPTN jadi gue gabisa liat pada saat itu juga (padahal deg deg an banget tuh pas gabisa buka)


Sepanjang perjalanan pulang ke rumah dari ITB, gue terus deg degan dan kepikiran terus sama hasil pengumuman itu, gue yakin yakinin diri gue deh bakalan masuk (bukan pede tapi dalam artian gue pengen optimis aja bisa masuk)

Sesampainya gue dirumah, gue langsung menuju komputer kesayangan gue buka internet dengan perasaan yang tak tentu, akhirnya dengan perlahan namun pasti gue mengetikan alamat website SBMPTN secara perlahan, satu per satu, setiap tombol keyboard di tekan secara hikmat dan selamat. akhirnya kiamat wkwkwk,,, beginila ekspresi gw ketika buka komputer





Sampe pada akhirnya pengumuman hasil pun muncul, dan tampilan pengumumannya....
.
.
.
.
.







.
.
.
.
.
.


kenapa setiap hasil Seleksi semuanya pada minta maaf seeeh padahalkan belum lebaran, tapi apa mau dikata kalo itu emang mau kalian wahai panitia SBMPTN gue maafin deh #herp

#GALAUTIME

Mulai saat itu hancur lah semua harapan, impian ku serta perjuanganku selama ini, rasanya seisi angkasa dan jagatraya mentertawakan ku atas kegagalan ini. Gue menyesal se menyesal menyesalnya pada waktu itu, mungkin emang salah gue juga ya waktu masih SMP gue gabisa belajar secara serius jadinya gabisa masukke SMK deh karena rata-rata nilai UN ku kurang.

Tapi dunia terus berputar waktu terus berjalan, gue percaya bahwa "Apa yang gue dapat adalah yang terbaik buat gue dari Allah" jadi gue musti ikhlas dan melanjutkan perjalanan gue masuk ke Perguruan Tinggi Negri.

Seleksi Ketiga yang akan gue ikuti adalah SM UPI (Seleksi Mandiri Masuk Universitas Pendidikan Indonesia) ya seleksi mandiri, l yang masyarakat umum tau tentang Seleksi Mandiri adalah proses seleksi yang memerlukan biaya yang sangat besar, karena seleksi tersebut di adakan langsung oleh universitasnya, jadi mereka bisa bebas memasang tarif semau mereka, selain itu juga bisa di bilang bahwa seleksi mandiri ini sebagai kesempatan kepada anak konglomerat yang nilainya kurang tapi mereka ingin masuk ke perguruan tinggi negri. Coba bayangin aja persiapan gue mengikuti seleksi ini adalah mempersiapkan uang 50 juta, soalnya buat biaya masuk aja 30 juta belum lagi untuk sumbangan kepada mahasiswa yang tidak mampu (katanya semakin besar sumbangan kita kepada mahasiswa tidak mampu maka semakin beasar juga kesempatan kita untuk lolos seleksi).

Tapi gue ga berhenti sampe disitu, gue juga nyari alternative lain Selain SM UPI, buat jaga-jaga kalo entar gue ga lolos lagi. Gue nyari nyari Universitas Swasta yang bagus di daerah bandung yang jurusannya sama sama kopetensi gue yaitu dunia Komputer, secara guekan lulusan TKJ (teknik komputer jaringan) jadi harus yang masih berhubungan lah sama PERHOTELAN -_- eh KOMPUTER
NO SHIT SHERLOCK

Setelah memilah dan memilih secara seksama dan dalam tempo sesingkat singkatnya, tidak lupa ini adalah hasil birokrasi bersama orang tua gue, akhirnya kami memutukan sebuah universitas di daerah Dago yang notabene daerah tersebut deket sama rumah gue di bandingkan dengan Harvard University hahaha

NO SHIT SHERLOCK

Dan nama universitas tersebut namanya adalah.... jeng jeng UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA (UNIKOM) ya UNIKOM yang tahun lalu memenangkan lomba robot tingkat internasional, yang itu tu iklannya suka ada di TV xD

Akhirnya pada suatu hari gue datang ke kampus UNIKOM untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi tahap 2 diasana, pada saat sampe di sana gue sama bapak gue gak tau sama sekali kantor UNIKOM itu sebelah mana haha xD wajar aja soalnya itu pertama kali gue masuk dan datang kesana, nah ketika gue masuk ke Loby gue nanya ke securitynya "Pak muke lu ko jelek banget seeeh?" cuel tu security ko jelek ya? mana udah tua lagi xD "pak kalo mau daftar dimana ya?" lalu beliau pun menjawab " itu di sebelah sana ('-')/ adek mau daftar ke teknik atau non-teknik?" trus gue jawab "YAYA BISA JADI BISA JADI xD"  "Jurusan teknik pak" lalu gue nunggu di tempat tunggu bersama siswa lain yang mau daftar, setelah menunggu akhir nya datang giliran gue untuk maju untuk  melamar teteh cantiknya mendaftar, akhirnya gue duduk dan langsung bertanya "teh kalo mau daftar prosedurnya gimana ya?" lalu kakak itu menjawab "tektektokek tokek toket" sumpah tu mbak teller ngomongnya cepet banget sampe sampe suaranya kaya kaset kusut dan gw ga ngerti sama sekali dengan yang dia ucapkan.

Ketika ditanya "mau masuk jurusan apa?" asli gue bingung soalnya emang belum mutusin mau masuk ke jurusan apa, nah dari pada gue bilang "gak tau teh mau liat liat dulu" entah mengapa tiba tiba mulutku secara berbicara sendiri dan mengatakan "teknik Informatika" padahal gue gatau itu jurusan ada atau ngga, tapi mungkin emang udah takdir kali ya, ternyata jurusan tersebut memang ada haha bisa mampus gue kalo jurusan yang gue sebutin kaga ada -_-

pada akhirnya gue daftar ke unikom dan memilih jurusan Teknik Informatika dengan jenjang pendidikan sampai S1, soalnya disuruh bapak gue kuliah sampe S1. trus gue bayar uang pendaftaran sebersar 275k dan sialnya yang bayar biaya pendaftaran adalah gue sendiri -_- abis dah uang gue buat beli RAM leptop T_T

Di antara 2 seleksi tersebut, antara UPI sama UNIKOM yang duluan mulai adalah dari UNIKOM jadi walaupun duluan daftar di UPI tapi tetep aja UNIKOM duluan yang gue ikuti. Untuk test kali ini gue gada persiapan sama sekali deh cuel.... 

Hari itu pun tiba hari dimana gue mengikuti test seleksi masuk gelombang 2 di UNIKOM, pada saat mengikuti test gue kejebak macet aduh -_- dan gue sedikit telat (untung ga telat datang bulan) trus ketika masuk gue bener bener bingung musti duduk dimana karena gue ga ngapalin nomor kursi apalagi nomor semvak -_- 

Akhirnya gue nemu kursi gue dan langsung ngisi identitas di lembar jawaban, gue grogi banget pas ngisi jawaban soalnya pas gw masuk dan sedikit telat, otomatis dong pada ngeliatin -_- tambah lagi cewenya pada ikhyiw bro haha shit, selain itu juga gw tambah grogi lagi soalnya di kelas tersebut di pasang AC dan si ACnya itu tepat berada di samping gue, sepanjang waktu mengerjakan soal gw kedinginan... wajar aja gue kan orang gunung yang suasananya dingin, otomatis dong di daerah gue kaga ada yang pake AC. yang anehnya adalah kan di Dago itu suasananya udah sejuk, tapi ko masih pada pake AC ya? -_-a.

Pada saat pertama kali buka soal ternyata eh ternyata si soalnya jauh lebih sulit dari test test yang lainnya (atau emang gue yang goblok) sialan gue asal aja ngisi tuh soal, orang gabisa jawab. Tapi pas bagian akhir dari seluruh soal ternyata ada pertanyaan tentang komputer hahaha tau ga rasanya itu bak seorang musafir yang telah berkelana mengelilingi padang pasir selama seharian penuh tidak minum lalu menemukan sebuah oase yang luas. Dan pada akhirnya gue bisa ngisi seluruh soal haha walaupun 70% dari seluruh jawaban yang gue isi itu ngasal xD

Bell pun berbunyi tanda waktu mengerjakan soal telah berakhir, gue langsung berkemas dan meninggalkan ruangan karena udah ga kuat dengan hawa dingin yang kurasakan disana. Tapi kesialan belum berakhir, pas gue keluar ruangan gue langsung di panggil lagi ama pengawas, ternyata kartu peserta gua ketinggalan dikelas men aduh gue malu lagi tuh di depan para peserta -_-

Gue pun pulang dengan perasaan was was, takut di tagih uang parkir soalnya gua ga bawa duit sama sekali.. tapi entah gue lagi mujur kali ye, gue ga di tagih parkir sama sekali sama tukang parkir (ato mungkin liat muka gue yang keliatan kaya orang miskin)

Pengumuman hasil seleksi gelombang 2 di UNIKOM jauh lebih cpat di bandingkan dengan test test sebelumnya, yaitu cuma tiga jam setelah test kita bisa langsung liat hasil seleksi. tidak seperti seleksi seleksi sebelumnya yang waktu pengumuman hasilnya harus nunggu berminggu mingggu.

Sesampainya di rumah gue kedatengan temen gue pas masih sekolah, maksud kedatangan dia adalah untuk meminjam CD windows XP dan meminja plesdis punya gue (sialan gak modal banget tuh temen gue hihi pis ah) setelah berbincang bincang dengannya, tanpa terasa waktu telah menunjukan jam 3. Brarti pengumuman hasil seleksi di UNIKOM udah keluar, wah langsung dah tu gue usir temen gue dari koputer dan langsung buka situs web PMB UNIKOM pas buka hasil pengumuman ternyata yang keterima banyak bro. Tapi yang di munculin per page nya cuma dikit


gue klik halaman perhalaman, dari satu ke dua, dari dua ke tiga. Tapi gue sengaja ga pake fitur pencarian karena gue nikmati setiap deg degan gue karena gue emang udah gemeteran pas pegang mouse.

Sampai halaman Ke 70 nama gw masih belum muncul muncul juga -_-. Gue udah cape plus kesel tuh ngeklik mouse sama deg degan terus. ternya total halamannya nyampe halaman 100 dan nama gue awalannya dari Z otomatis dong nama gue ada di bagian akhir (tau gini gue pake pencarian aja dah -_-') nah pas udah nyampe bagian terakhir, badan gue makin bergetar tak karuan dah, keringet dingin udah membanjiri dari ujung rambut sampe ujung kepala gue.. eh maksudnya ujung kaki hihi 

dan tibalah gue di halaman 100 (halaman terakhir) dengan perlahan gue scroll ke bawah dengan santainya sambil ngompol di celana haha dan hasilnya adalah... adalah ... adalah
.
.
.
.
.
.
.


.
.
.
.
.
.


Gue langsung peluk temen gue sampe sampe di sangka homo saking senengnya, trus gue sungkem ke ibu gue dan terakhir gue langsung sujud syukur dan semuanya masih dalam keadaan gemetar. Setelah itu temen gue pun pulang, gue duduk di komputer dengan perasaan lega banget kaya orang abis kebelet boker.

Gue jadi sedikit tenang kalo nanti SM UPI gua ga lolos Lagi. Dan ternyata bener aja gue ga lolos lagi -_- nih liat
 
DAN...
.
.
.
.
.
.
.
.



Ya begitulah kisah perjalananku masuk ke perguruan tinggi negri, walaupun udah ikutan seleksi sana sini tapi tetep aja gamasuk, blum takdirnya kali ye (atau emang gue yang goblok)

Pada akhirnya gue masuk ke UNIKOM, Walaupun sesungguhnya dari sebelum lulus dan setelah lulus gue gada gambaran sama sekali masuk ke UNIKOM. Pada suatu hari gue dateng ke sana untuk registrasi ulang dan membayar biaya masuk sekaligus uang untuk satu semester yang jumlahnya 11juta lebih sekian. Setelah bayar gue dapet Almamaternya. ini merupakan penampakan dari Jas Almamaternya

Nah akhirnya kita masuk ke bagian akhir postingan yang sangat sangat panjang ini, dari pada waktumu terbuang percuma untuk membaca hal yang sebenarnya tak berguna ini jadi gue bikinin kesimpulanya dan hikmahnya di balik kisah gue yang satu ini

KESIMPULAN
"MAN JADDA WAJADA"
"Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil" ya, itulah yang sering di katakan para ustadz ketika berceramah dan memberi motivasi kepada para siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional. Dan itupun berlaku bagi siapapun di dunia ini yang menjalankannya, emang bener banget tuh kalimat menurut gue. jujur aja mungkin gue emang kurang berusaha dalam masuk Universitas ini soalnya setiap ngerjain latihan soal pun gue suka ga serius jadi inilah yang gue dapet. Tapi perlu di perhatikan juga bahwa

"KESUKSESAN TIDAK BISA DI RAIH HANYA PADA SAAT KAU MEMBUTUHKANNYA"
ya, maksudnya disini adalah kesuksesan itu tidak bisa di raih saat kau sedang membutuhkannya saja, melainkan kesuksesan itu dibangun saat kau masih kecil atau pada saat masih duduk di bangku sekolah. Jujur gue nyesel banget pas masih SMP gue suka males ngerjain PR, suka males belajar di rumah, dan kebanyakan main-main. akhirnya prestasi terbaik yang gue dapet cuma Ranking-5 pas kelas 9 SMP

"APA YANG DIDAPAT ITU YANG TERBAIK" itulah yang suka di katakan temen gue (cie)
ya benar, apa yang loe dapet, itulah yang terbaik buat hidup loe dari Allah. Walaupun kita sudah berusaha semaksimal mungkin namun hasilnya tetap NIHIL. SALAAAU bro Allah pasti punya rencana yang terbaik buat hidup kita, karena sesungguhnya "seindah-indah nya recana kita, Allah memiliki rencana yang lebih indah buat kita". Dan hal itulah yang gue rasakan ketika masuk ke SMK, jika gue dulu ga masuk ke SMK dan masuk ke SMAN, mungkin gue sekarang kaga bisa ngerasain apa artinya hidup, ga tau caranya bersosialisasi yang baik, dan gak akan pernah ngerasain membesarkan sebuah sekolah kecil. Di SMK pun gue bisa bebas berinovasi, dapet banyak jaringan dan bisa dapet gelar siswa terbaik se-angkatan (ceilah pamer).

Nah itulah Kesimpulan yang bisa gue sampaikan keopada kalian, mungkin kalian bisa tambahkan kesimpulan sendiri. Sekian Postingan dari gue, dan sampai jumpa di postingan-postingan selanjutnya, mungkin di postingan selanjutnya gue akan bahas tentang hari-hari pertama gue ngampus di UNIKOM.

Terimakasih telah membaca. Assalamualaikum Wr. Wb.
#SALAMJOMBLO
  

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. kocak keren ceritanya, doain gw juga ya supaya bisa masuk univ yang diharapkan . amin

    ReplyDelete
  3. Kak ane juga mau msk unikom, ujian nya susah ga kak?? Mksih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.